Dapatkan informasi tentang Cover Buku dan Cara Membuatnya.

Kamis, 27 November 2014

Pengertian Cover Buku

Contoh Cover Buku
Tema update hari ini adalah “Pengertian Cover Buku” yuk, kita ulas! Cover buku atau sampul buku adalah salah satu kulit buku bagian luar yang terdiri dari: judul buku; nama pengarang; nama penerbit; dan gambar yang mewakili isi. Kemudian ada juga kulit buku bagian belakang, terdiri dari: sinopsis isi buku/ulasan isi buku; isbn; alamat penerbit; dan ada juga yang mencantumkan biografi penulis. Cover buku juga bisa diartikan seperti ini cover buku adalah bagian terluar dari buku (disebut kulit buku) yang terdiri dari cover buku bagian depan dan cover buku bagian belakang (back cover).

Kenapa Cover Buku Dibuat?
Alasan cover buku dibuat adalah untuk membuat kemasan buku tersebut terlihat menarik, sehingga buku tersebut memiliki nilai jual yang tinggi. Membuat cover buku tidak sembarangan, ada yang disebut proses desain. Sebelum masuk ke proses desain, langkah pertama adalah menentukan konsep desain terlebih dahulu dengan orientasi kepada isi buku. Membuat konsep desain sebaiknya oleh penulis, karena penulislah yang mengetahui secara detail isi semua buku tersebut, sehingga konsep membuat cover buku dapat dibuat dengan cepat, akurat, dan sesuai dengan isi buku.

Cover Buku Dibuat Oleh Desainer Grafis
Setelah konsep cover buku dari penulis sudah ada, selanjuntnya adalah proses desain yang akan dikerjakan oleh desainer. Desainer bekerja berdasarkan konsep yang diberikan oleh klien, dalam hal ini adalah deskripsi dari penulis. Desainer akan mengolah konsep cover buku tersebut menjadi sebuah desain cover buku yang menarik. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan di antaranya adalahgambar yang digunakan di cover buku harus dicantumkan sumbernya dan biasanya diletakan di dafar gambar yang terdapat di isi buku.

Desain Cover Buku Dibuat Harus Menarik
Bertujuan untuk menarik minat baca maka, desain cover buku harus dibuat dengan menarik. Ada beberap hal yang bisa membantu untuk membuat desain cover buku supaya menarik, sebagai berikut: ide yang bagus; ada bahan banding; dan bisa mengikuti trend. Alasan yang lain mengenai desain cover buku harus menarik adalah supaya laku dijual dan calon konsumen penasaran ingin selalu membaca buku tersebut.

Pengertian Cover Buku Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Designer Bandung

10 komentar: